Home / Tips / Pantau Posisi “Produk” dan Jadilah “Berbeda”

Pantau Posisi “Produk” dan Jadilah “Berbeda”

Begitu banyak informasi beredar. Pemasaranpun kini bisa dilakukan di banyak media. Persaingan produk selalu akan ada, jangan sampai anda terjebak akan masuk dalam red ocean dan akhirnya tenggelam.

Dalam dunia marketing, tiap hari diperlukan strategi kreatif, senantiasa berperang layaknya suntzu. Ibaratnya peperangan, seorang marketer perlu melihat peta persaingan sebagai dasar informasi untuk penentuan strategi.

Sebagai marketer, informasi tersebut sangat memungkinkan untuk diperoleh, baik dari pelanggan (langsung), dari para pemasok (melalui departemen lain) atau dari para relasi. Namun, penggalan-penggalan informasi tersebut perlu dirangkum dalam sebuah analisis sehingga mudah untuk diambil kesimpulan dan dapat dirumuskan strategi untuk menjadi “berbeda” dan menang.

Beberapa teknik analisis statistik (Multidimensional Scalling, Biplot dan Analisis Correspondensi) dapat menghasilkan sajian informasi yang cantik untuk anda, memudahkan melihat peluang baru untuk pengembangan produk dan menjadi “berbeda” serta diminati konsumen anda.

Berikut salah satu contoh analisis untuk melihat posisi sebuah produk dari beberapa merek :

Tampak bahwa Brand A memiliki lebih banya kelebihan dibandingkan dengan brand lainnya, walaupun sangat jauh dari persepsi harga terjangkau dan bonus. Brand F mencoba masuk dalam persaingan dengan mengisi celah yang selama ini belum diraih oleh brand lainnya. Target brand F adalah segmen terbesar (lingkaran berwarna merah, besar). Namun brand ini mengalami kegagalan dan hanya mendapatkan sebagian dari segmen yang dituju karena tidak cukup kuat dalam persepsi yang diharapkan oleh segmen yang disasar (yaitu : signal, jangkauan dan suara jernih).

Melihat informasi dari peta persaingan ini peluang inovasi produk dapat diraih dengan mendesain produk sesuai dengan harapan konsumen yang belum dapat dipenuhi oleh produk yang ada.

Top