Home / Pelatihan Riset Pemasaran : Segmentasi dan Persaingan Pasar

Pelatihan Riset Pemasaran : Segmentasi dan Persaingan Pasar

Latar Belakang :
Ada pepatah bahwa ”Kita tak dapat melayani semua konsumen dengan sangat memuaskan”. Pepatah ini benar, karena tidak semua konsumen memiliki kebutuhan yang sama, memiliki selera yang sama dan memiliki tingkat kemampuan daya beli yang berbeda-beda.

Karena perbedaan pada konsumen tersebut. Melihat kelompok-kelompok konsumen dan peta persaingan antar produk/ merek menjadi hal yang perlu dilakukan agar strategi pemasaran dapat dilakukan dengan memprioritaskan segmen potensial.

Tujuan :

  • Merancang teknik pengukuran untuk melihat komposisi segmen
  • Merancang teknik pengukuran untuk melihat peta persaingan pasar
  • Melakukan analisis untuk melihat segmen potensial (berdasarkan karakteristik segmen: demografi, consumer behaviour, daya beli, habbit, psikografi
  • Mengetahui peta/ posisi persaingan pasar perusahaan (menggali keunggulan maupun kelemahan, peluang/ celah kosong yang dapat diisi
  • Menentukan target segmen potensial yang diarah
  • Menggali strategi-strategi untuk  mendapatkan dan meningkatkan pendapatan dari target segmen potensial

Pelatihan ini bermanfaat bagi :

  • Tenaga marketing pada level minimal supervisor untuk dapat melihat peta segmen pelanggan dan merumuskan strategi marketing/ promosi
  • Marketing analyst/ marketing officer/ marketing research staff di sebuah perusahaan untuk dapat mendesain teknik untuk memetakan segmen dan persaingan pasar

Materi Pelatihan :

  • Variabel-variabel segmentasi dan posisi persaingan
  • Membuat desain survey & sample untuk riset segmentasi & positioning
  • Melakukan teknik survey segmentasi & positioning
  • Roleplay pembuatan kuesioner, teknik survey lapangan & teknik pengolahan data
  • Analisis segmentasi dan positioning
  • Teknik menentukan target segmen potensial
  • Proses pengambilan keputusan untuk mendapatkan pelanggan potensial

Durasi dan Metode Pelatihan :

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari (09.00 – 16.00) dengan metode : ceramah workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

Peserta pelatihan dibatasi maksimal 15 orang.

Fasilitas Peserta :

  • Modul
  • Sertifikat peserta
Top