Home / Edukasi / Survei Potensi Pasar, Kenali Calon Pelanggan

Survei Potensi Pasar, Kenali Calon Pelanggan

Survei Potensi pasar merupakan salah satu bagian dari riset yang dilakukan untuk menggali seberapa potensial sebuah wilayah atau sebuah produk untuk dipasarkan sesuai dengan segmen yang ditargetkan. Survei ini hamper mirip dengan studi kelayakan.

Jika yang dilakukan adalah survei potensi pasar yang berkaitan dengan wilayah maka beberapa informasi yang digali adalah:

  • Estimasi daya beli wilayah
  • Estimasi tingkat minat dan kebutuhan target pasar
  • Pengaruh adanya kompetitor langsung dan kompetitor tidak langsung di wilayah tersebut
  • Media komunikasi target pasar
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk/ jasa di sebuah wilayah
  • Peluang seseorang akan melakukan transaksi terhadap produk/ jasa di suatu wilayah

Sedangkan jika yang dilakukan adalah survei potensi pasar yang berkaitan dengan potensi penjualan sebuah produk barang (bukan jasa, dan tidak berkaitan dengan keberadaan lokasi), maka beberapa informasi yang digali adalah :

  • Tingkat minat dan kebutuhan target pasar terhadap produk
  • Pengaruh adanya kompetitor langsung dan competitor tidak langsung
  • Media komunikasi yang berpengaruh dalam meningkatkan awareness bisnis ini
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk
  • Peluang seseorang akan melakukan transaksi pembelian produk

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, survei potensi pasar dilakukan dengan face to face interview  dilengkapi dengan observasi pasar dan analisa data sekunder

Top