Home / Edukasi / Survei Kepuasan Pelanggan dan Insight Terhadap Inovasi Produk / Layanan

Survei Kepuasan Pelanggan dan Insight Terhadap Inovasi Produk / Layanan

Saat ini cukup banyak organisasi bisnis yang memahami bahwa survei kepuasan pelanggan perlu dilaksanakan secara rutin. Ada yang melakukan survei secara rutin setiap bulan, setiap triwulan, setiap semester maupun setiap tahun. Hal ini biasanya didukung dengan sebuah aturan yang ditetapkan perusahaan berkaitan dengan KPI (Key Performance Indicator), dimana pada setiap survei kepuasan pelanggan, akan menghasilkan Indeks Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Index).

Namun demikian, sebenarnya ada hal yang lebih penting dan bermakna pada pelaksanaan survei kepuasan pelanggan daripada sebuah Indeks Kepuasan Pelanggan semata. Yakni, latar belakang seseorang menyatakan puas, biasa dan tidak puas. Menggali insight ini jauh lebih penting dilakukan daripada sekedar menyatakan angka indeks. karena dengan memahami latar belakang pernyataan sikap responden, sebuah organisasi bisnis akhirnya mampu memahami permasalahan sebenarnya, sehingga dapat berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut dengan inovasi produk maupun layanan.

Sebagai contoh, ketika penilaian terhadap kemudahan parkir rendah dan ditunjang oleh banyaknya keluhan kesulitan parkir di rumah sakit oleh para responden, maka ide valet parking bekerjasama dengan pihak ketiga dapat dilakukan. Hal yang lain misalnya pelanggan mengeluhkan sulitnya metode pembayaran atas transaksi layanan yang dilakukan, maka manajemen organisasi dapat mengupayakan kerjasama dengan beberapa merchan yang dapat memberikan kemudahan berupa fleksibilitas metode pembayaran. Dan tentunya, masih banyak lagi hal-hal spesifik yang dapat diperoleh jika survei kepuasan pelanggan dilakukan dengan mendetail, menggali persepsi pelanggan dengan sebenar-benarnya.

Top