Riset merupakan layanan utama yang kami berikan kepada para mitra. Selama ini, kami telah memiliki beberapa pengalaman di bidang riset, diantaranya :
- Riset Pemasaran
- Riset Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
Merupakan salah satu aktifitas riset pemasaran yang menghasilkan informasi terkait dengan tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan serta analisis perpindahan merek.
- Riset Evaluasi Layanan
Salah satu cara untuk mengevaluasi apakah layanan yang diberikan kepada pelanggan telah sesuai dengan yang di tetapkan oleh manajemen, dapat dilakukan mysteri shopper / retail audit. - Riset Evaluasi Merek
Merupakan salah satu aktifitas riset pemasaran yang menghasilkan informasi terkait dengan Brand Awareness, Market Share maupun Brand Competition Mapping. - Riset Pengembangan Produk
Merupakan salah satu aktifitas riset pemasaran yang menghasilkan informasi terkait dengan potensi pengembangan produk/ jasa, estimasi permintaan pelanggan, strategi penentuan harga dilengkapi dengan matriks SWOT.
- Riset Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
- Riset Pengembangan Sumber Daya Manusia
Merupakan aktifitas riset yang ditujukan untuk : analisis motivasi kerja SDM, analisis produktivitas karyawan, analisis tingkat kepuasan dan loyalitas Karyawan
- Riset Persepsi Masyarakat
Merupakan riset untuk mengetahui persepsi masyarakat/ opini publik terkait dengan berbagai hal, misalnya : pelaksanaan layanan publik / kebijakan pemerintah, pengkukuran indeks kepuasan masyarakat maupun indikator kinerja pemerintah yang lainnya.
Secara umum aktifitas dalam pelaksanaan riset di ICONESIA adalah sebagai berikut :
- Pre Konsultasi
Dalam tahap ini team konsultan kami, terdiri dari team research dan atau team strategik akan berdiskusi dengan team mitra untuk:- Membahas kebutuhan dan alternatif solusi yang akan kami desain
- Mendesain riset untuk membedah permasalahan dan mengarah pada proses ditemukannya solusi untuk para mitra (Research Proposal)
- Implementasi Riset
Pada tahap ini, kami memproses kebutuhan dalam rangkaian riset. Beberapa alternatif kombinasi metodologi riset yang kami kerjakan adalah :- Observasi Lapangan, contoh : mysteri shopper, ritel audit
- Riset Kuantitatif, contoh : polling, survey (wawancara), sensus
- Riset Kualitatif, contoh : observasi, indeepth interview, FGD (Focus Group Discussion
ICONESIA mendokumentasikan proses riset yang dilakukan dalam berbagai media : dokumen, foto maupun rekaman dan proses quality control yang dapat dipantau oleh para mitra.
- Konsultasi Hasil Riset
Pada tahapan ini, ICONESIA akan memberikan rekomendasi strategi berdasarkan informasi hasil riset.