Home / Edukasi / Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Unique Selling Point (USP)

Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Unique Selling Point (USP)

Kita sering melihat sebuah usaha sejenis yang berjajar, misalnya minimarket alfamart berdekatan lokasinya dengan indomaret, toko kacamata, salon kecantikan yang berjejeran lokasinya. Atau didalam vending machine minuman tersedia berbagai merek minuman seperti : teh botol, coca cola, air mineral, susu dan sebagainya.

Apakah dengan meletakkan produk / jasa berdekatan dengan kompetitor adalah sebuah kesalahan?

Perkembangan model pemasaran saat ini menunjukkan bahwa peletakan produk/jasa yang berdekatan dengan kompetitor bukanlah sebuah kesalahan. Peletakan produk/jasa yang berkelompok dengan kompetitor justru memberikan banyak keuntungan, diantaranya :

  1. Memberikan peluang mendatangkan lebih banyak calon konsumen karena lokasi yang mudah diingat
  2. Memberikan kemudahan kepada pemilik bisnis untuk dapat memenangkan persaingan dengan cara yang sehat dan inovatif.

Lalu bagaimana konsumen menjatuhkan pilihan atas kebutuhannya jika begitu banyak alternatif produk sejenis sesuai kebutuhan? Jawabnya adalah dengan melihat unique selling point produk/ jasa sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Produk / jasa boleh sama namun, unique selling point yang baik pasti berbeda. Salah satu strategi untuk menciptakan unique selling point adalah dengan memberikan inovasi layanan pelanggan atau upaya meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pemilik produk/ jasa dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk menemkan inovasi layanan pelanggan atau upaya meningkatkan kepuasan pelanggan yang tepat :

  1. Lakukan survei kepuasan pelanggan
  2. Pelajari profil pelanggan berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan dan hal-hal yang membuat pelanggan puas maupun kecewa
  3. Pilihlah segmen pelanggan potensial yang menguntungkan produk/jasa saat ini atau yang berpeluang mendatangkan pendapatan lebih banyak bagi produk/ jasa
  4. Lakukan competitive analysis untuk mendapatkan insight atas inovasi pelayanan pelanggan
  5. Lakukan FGD (focus group discussion) dengan perwakilan pelanggan potensial untuk menggali kebutuhan pelanggan dan mendapatkan unique selling point yang sesuai dengan produk/jasa yang kita miliki.

Dengan adanya unique selling point, produk/ jasa tidak perlu melulu melakukan banting Harga atau strategi diskon yang besar-besaran yang akan mengurangi laba perusahaan.

Top