Home / feature / Perlunya Analisis Segmentasi dan Positioning Secara Berkala

Perlunya Analisis Segmentasi dan Positioning Secara Berkala

Ketika sebuah produk / jasa diciptakan, tentunya perusahaan telah menetapkan beberapa hal berikut :

  • Kemana produk / jasa dipasarkan (segmentasi)
  • Keunggulan produk/ jasa dibandingkan pesaingnya (positioning)

Namun, dengan berjalannya waktu, dengan bertumbuhnya produk/ jasa sejenis, dengan variasi strategi komunikasi yang ada menyebabkan adanya perubahan / pergeseran segmen serta positioning produk/ jasa. Perusahaan perlu mengetahui informasi tersebut dan menyikapi adanya perubahan ini, dengan melakukan perubahan juga pada :

  • Strategi pemasaran
  • Strategi komunikasi

Informasi adanya perubahan segmen dan posisi pasar (positioning), dapat dilakukan dengan melakukan survei pemasaran, yakni : survei segmentasi dan posisi persaingan pasar.

Rangkaian informasi yang dapat diperoleh dari survei ini adalah :

  • Segmentasi pasar berdasarkan : preferensi, kebutuhan, habit, demografi
  • Posisi persaingan pasar untuk produk/ jasa sejenis beserta keunggulan kompetitif yang dicari oleh market secara umum dan spesifik ke beberapa segmen
  • Re-targeting, yaitu identifikasi potensial market baru
  • Sumber informasi konsumen (pasar)

Survei segmentasi dan posisi pasar, dilakukan secara periodik (sesuai dengan kebutuhan, perilaku pasar/ karakteristik produk/ jasa) dengan mengambil sejumlah sampel responden yang dapat mewakili pendapat konsumen. Survei ini sebaiknya dilakukan melalui : Wawancara langsung (tatap muka) sesuai kuesioner

Top